6/14/2012

MANFAAT AIR KELAPA MUDA BAGI IBU HAMIL DAN KESEHATAN





MANFAAT AIR KELAPA MUDA UNTUK IBU HAMIL DAN KESEHATAN
Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam margaCocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut, namun akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Dari beberapa bagian kelapa yang paling baik untuk kesehatan adalah air kelapa. Air kelapa tak hanya bisa melepaskan dahaga, tetapi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Sangat senang penggemar es kelapa muda seperti saya mendengar hal tersebut. Bahkan, minum air kelapa selama kehamilan sangat dianjurkan, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu serta bayi.
Ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah. Air kelapa juga steril secara alami. Secara umum, air kelapa sangat sehat, tetapi bahkan lebih menguntungkan untuk wanita hamil.

Ibu hamil minum air kelapa muda
Di negara-negara tropis yang hangat seperti Indonesia kelapa tersedia dengan mudah, dokter sering kali merekomendasikan minimum satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Kelapa membantu menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Seperti dilansir dari babycenter dan buzzle, Senin (22/3/2010), beberapa manfaat dari air kelapa untuk wanita hamil adalah sebagai berikut:


1.      Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Didalam air kelapa sangat kaya akan asam laurat untuk menghasilkan monolaurin  yang dapat memerangi asam lemak turunan dan juga asam laurat memiliki anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Hal yang semacam ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk senangtiasa mengkonsumsi air kelapa karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga pertumbuhan janin serta dapat mencegah infeksi flu, HIV, herpes, dan lainnya.


2.      Membantu Mencegah Mulas

      Manfaat air kelapa yang lainnya yakni dapat membantu mencegah mulas karena air kelapa secara efektif membersihkan usus dan saluran pencernaan sehingga meringankan ibu hamil dari mulas dan juga sembelit. 

    Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.


3.      Mencegah Infeksi Saluran Kemih

    Hampir setiap wanita sering menderita yang namanya infeksi saluran kemih atau biasa disebut UTI (urinary tract infection).  Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

4.      Meningkatkan HDL / kolesterol baik di dalam tubuh
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.


5.      Penurun berat badan (bagi remaja yang ingin langsing)
Air kelapa ringan dan bahkan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori, air kelapa seperti 95 persennya adalah air.

6.      Minuman Isotonik Alami
Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh.

Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda terutama di trimester ketiga kehamilan maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.

Saya juga menemui beberapa cerita dari teman bahwa keluarga mereka tiap hamil selalu dianjurkan sering minum air kelapa muda dan hasilnya anaknya memang jauh lebih putih dari orang tuanya.
Ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah. Air kelapa juga steril secara alami. Secara umum, air kelapa sangat sehat, tetapi bahkan lebih menguntungkan untuk wanita hamil.
Di negara-negara tropis seperti Indonesia  kelapa tersedia dengan mudah, dokter sering kali memberi nasihat bahwa minimum satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Kelapa membantu menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.
Air kelapa tender (empuk atau muda) dikenal sebagai sumber terkaya elektrolit, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit apa pun. Air kelapa juga mengandung klorida, kalium, magnesium, moderat jumlah gula, natrium dan protein yang tinggi.
Kalium dari minum air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin

Air kelapa secara umum memiliki banyak manfaat kesehatan, dan merupakan sumber besar untuk mengisi kembali jumlah elektrolit tubuh, itulah sebabnya dianjurkan untuk orang tua dan orang sakit.
Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan minum air kelapa setiap hari untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Minum air kelapa selama hamil juga dianjurkan dicampur dengan gula atau kunyit Namun perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam penggunaan batu. Memakan daging buahnya juga baik untuk kesehatan.


Selamat mencoba.........

Post a Comment