6/17/2012

Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya



Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya




Kali ini saya akan posting mengenai kue, yang pastinya banyak digemari orang-orang ni, mari kita liat y....

Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya
Brownies
Sebenarnya brownies adalah kue yang berasal dari kesalahan karena bentuknya yang bantat namun karena memang seperti itu dibuatnya dan rasanya yang enak maka tak heran banyak penggemarnya.
Resep brownies berkembang cukup pesat, mulai dari yang dulunya dipanggang hingga dikukus. Mulai dijadikan cemilan dengan teh hingga untuk makanan siap saji pada waktu acara seperti arisan.

Namun, lagi-lagi ternyata kue ini juga termasuk makanan yang dapat diakali oleh oknum curang yang menambahkan bahan-bahan berbahaya. Ya, di pasaran beredar kue brownies yang mengandung zat berbahaya yang dapat meracuni perut dan otak.

Didalam tayangna tersebut, awalnya kecurigaan muncul tatkala terlihat pada warna kue yang mencolok dan setelah beberapa hari lamanya kue tersebut tak kunjung basi.
Hal tersebut menggiring ke pembuat kue, sebutlah Ijah (Nama Disamarkan).Ternyata benar dugaan bahwa kue yang dibuat Ijah ditambahkan borak/ bleng/ sering disebut pijer.

Borak sejatinya digunakan dalam non pangan seperti anti kecoa, bahan pembersih, pengawet kayu dan antiseptik kayu. Bayangkan saja anti kecoa ditambahkan kemakanan????
Kue buatannya  juga diberi pewarna non pangan dan pemanis buatan. Dalam prosesnya Ijah menggunakan telur yang sudah rusak dengan cangkang yang telah pecah yang terkadang sudah mengeluarkan aroma busuk. BAHKAN tak jarang ditemui belatung pada telur yang dibelinya dengan harga 10rb/ kantong besar. Jauh lebih murah memang dibandingkan dengan telur yang masih bagus dengan harga 16 rb/ kg yang hanya berisi 10-12 butir telur.
Selain belatung yang jelas berbahaya, cangkang telur yang telah pecah menyebabkan adanya kontaminasi dengan bakteri lainnya. 
Mengenai aroma busuk dari telur yang sudah hampir busuk tersebut Ijah menggunakan essense pada adonan bownies agar bau telur busuk tersebut hilang, sedangkan pada bolu kukus air yang digunakan yaitu air berkarbonasi, demikian yang dituturkan Ijah.

Satu lagi yang mengagetkan saya yaitu dalam proses pembuatan brownies ternyata Ijah sama sekali tidak menggunakan coklat batang. Namun, dia menuju ke toko kosmetik. Bayangkan apa yang dia beli? Dia membeli pewarna rambut coklat untuk kuenya meski namanya brownies coklat.

Sekilas pembuatan kue tersebut sama dengan yang lainnya. Bedanya Ijah menggunakan tambahan zat berbahaya.
Untuk pemanis Ijah menggunakan natrium ciklamat, natrium cikalamat tidak mudah dicerna oleh tubuh, bila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan mengendap di tubuh dan dianggap benda asing dan akhirnya dapat memicu sel kanker.

Contoh Bolu Kukus Baik
Bolu kukus
Setelah seluruh proses selesai, Ijah mengedarkan kue  brownies dan bolu kukusnya ke pasar dan mejual ke warung-warung. Tak berapa lama kuenya sudah diserbu dari anak-anak hingga dewasa. Ironisnya, terkadang kue buatannya juga dikonsumsi anak-anaknya sendiri. 

Apakah kecurangan oknum dalam pembuatan brownies membuat Anda mencoret kue lezat ini dari daftar makanan yang Anda konsumsi ???

Tidak perlu menghindarinya dan tidak perlu khawatir karena amsih ada pembuat kue yang jujur seperti Elis misalnya. Dia mengutamakan kualitas, bahkan di tokonya biasanya dia akan membuat brownies setelah ada pemesanan, sehingga pembeli dapat membawa brownies dalam keadaan hangat.

Untuk membuktikan penggunaan zat berbahaya tersebut, Tim mengadakan studi kasus kecil di Laboratorium Tek. Pangan Fakultas Teknik Univ. Pasundan.
Dengan kue Ijah sebagai sampel utama dan sampel acak di Pulau Jawa. Hasilnya sampel utama (Ijah) positif mengandung borak dan 4 sampel acak negatif. Untuk pengujian pemakaian pewarna non pangan sampel utama (Ijah) dan 2 dari 4 sampel acak positif mengandung pewarna non pangan.

Selain itu kue Ijah mengandung mikroorganisme yang melebihi batas Standar Nasional yaitu 
1x102 koloni/ gram diduga berasal dari telur berbelatung yang digunakan Ijah.
Salmonella adalah yang paling terdapat pada proses pembuatan makanan yang tidak hygienis.   

  

Berikut tips membedakan Kue yang sehat dan berbahaya

Brownies/ Bolu Kukus Baik/sehat
Brownies/ Bolu Kukus Berbahaya
Brownies memiliki tekstur yang lembut
Teksturnya keras

Brownies kukus 2-3 hari akan basi
Tidak basi hingga seminggu

Aroma coklat kuat

Warna tidak terlalu mencolok

Bolu kukus tidak terlalu mekar/ berlebihan

Bolu kukus bertekstur tidak terlalu lembut/ lemas


Aroma coklat tidak terlalu kuat

Warna mencolok

Bolu kukus terlalu mekar/ berlebihan


Bolu kukus bertekstur terlalu lembut/ lemas



Ada beberapa tips lain
Simpan kue di wadah tertutup atau di lemari pendingin paling lama seminggu, dan bila akan disajikan maka dihangatkan/ dikukus lagi terlebih dahulu sehingga akan kembali hangat.







  
Sumber : Reportase Investigasi, TRANS TV,
16 Juni 2012
Ditulis Oleh :  Bidan Diah

+ komentar + 6 komentar

Anonymous
July 18, 2012 at 12:53 PM

http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/4d6161fd.gif
pantas bolu kukus jualan saya tidak pernah bisa menandingi bolu kukus orang curang yang mekarnya sampe meleleh gede2 kaya bunga bangke..

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya
July 18, 2012 at 6:33 PM

yang terpenting dalam berjualan adalah kualitas.. menggunakan bahan berbahaya bagi konsumen untuk untung besar sangat tdk bijak.. :)

February 15, 2013 at 11:57 PM

The actors in Reportase Investigasi are bunch of attention whores who get 10/100 in chemistry. Shame on them and so are their mamas! :p

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya
December 1, 2013 at 6:33 PM

wew... sungguh telalu..

Terimakasih niwashop atas Komentarnya di Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya
December 1, 2013 at 6:35 PM

paraaahhhhhh.... untung'a saya buat sendiri.. walaupun rasanya ga seenak toko. hehehe

Terimakasih niwashop atas Komentarnya di Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya
December 1, 2013 at 6:36 PM

eeeeeeemmmmmm...

Terimakasih niwashop atas Komentarnya di Reportase Investigasi Brownies dan Bolu Kukus Berbahaya

Post a Comment