6/09/2013

Baby Led Weaning (BLW) Bayi mandiri dalam proses makan

Apa itu Baby Led Weaning (BLW) ??
Baby Led Weaning (BLW) Bayi mandiri dalam proses makan


Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut khususnya ibu-ibu yang sedang memiliki balita. Mari pada postingan kali ini kita bahas mengenai BLW.


Apakah BLW itu ?
Baby led weaning (BLW) adalah metode membuat baby secara mandiri dalam proses makan. Istilah BLW juga sering disebut dengan menyapih. Istilah ini awalnya diciptakan oleh Gill Rapley warga Inggris.

Apakah bayi diajarkan BLW ?
Bayi dianjurkan untuk BLW yaitu menyapih dengan sendok dan hanya membiarkan bayi Anda makan sendiri.
Banyak orang tua tanpa sadar telah mengikuti BLW . Hal ini terutama terjadi dengan anak kedua atau seterusnya. Bayi senang untuk menyuapi  saudara mereka yang lebih tua, mereka sering mencoba untuk mengambil makanan dari piring anak-anak lain, mereka juga senang makan sendiri seperti kakak-kakaknya bukan?

Kapankah dapat dimulai BLW ?
BLW dapat dilakukan ketika baby mulai berusia 6 bulan.

Bagaimana saya mulai BLW ?
Jika Anda ingin mencoba BLW, berikan bayi Anda pilihan makanan bergizi yang cocok untuk usianya . Waktu terbaik untuk melakukannya adalah ketika Anda dan keluarga Anda makan. Ini adalah cara yang bagus baginya untuk bergabung dalam pada waktu makan.

Jenis makanan termudah untuk bayi adalah yang berbentuk seperti sebuah chip, atau memiliki pegangan, seperti brokoli. Hal ini karena ketika bayi Anda pertama kali mencoba padatan, ia belum dapat  mengembangkan kemampuan pegangan menjepit . Kemampuan tersebut akan berkembang dalam beberapa bulan mendatang, tapi untuk saat ini, dia hanya bisa menepuk makanan dengan tinjunya.

Pada awalnya, bayi Anda mungkin hanya bermain dengan makanan. Dia mungkin ambil potongan-potongan makanan dengan kepalan tangannya dan mulai menghisapnya. 
Selanjutnya memberikan bayi Anda ASI atau susu formula di antara waktu makan. Ketika bayi Anda secara bertahap makan lebih padat, jumlah susu akan mulai menurun.

Apa saja tanda baby siap untuk BLW?
Beberapa tanda baby sudah siap untuk BLW adalah
1.      Sudah mulai mengunyah mainan
2.      Menggapai-gapai mainan
3.      Sudah mulai bisa berdiri tegak

Apa manfaat dari BLW?
1.      BLW memberi bayi kesempatan untuk menjelajahi makanan untuk diri mereka sendiri. Ini berarti mengajarkan mereka mengatasi dengan tekstur makanan yang berbeda dari awal penyapihan 
2.      Orang tua yang telah mencoba BLW umumnya bergairah tentang manfaatnya. Mereka mengatakan bayi mereka akan makan apa saja dan hal ini membantu bayi secara bertahap mengenal makanan padat.
3.      Satu studi menemukan bahwa selama bayi Anda sudah siap, penting untuk memberinya makanan dengan benjolan lembut baginya untuk mengunyah. Bayi yang diberi makanan kental nanti setelah mereka berusia 10 bulan lebih cenderung untuk menolak makanan. Mereka mungkin kurang terbuka untuk mencoba tekstur baru dan selera saat mereka tumbuh 
4.      BLW akan menghemat waktu persiapan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membuat sup kental 
5.      Pada Baby BLW biasanya mengalami perkembangan cepat dalam bicara karena sudah terbiasa mengunyah
6.      Baby BLW akan lebih percaya diri kedepannya. Itu karena sudah dibiasakan untuk mandiri sejak dini.

Beberapa sisi lain BLW?
1.      Bahkan pelaku BLW sendiri setuju bahwa proses ini sangat berantakan dan membuat kotoran. Baby belajar
Baby Led Weaning (BLW)
mengenai bagaimana cara makan secara mandiri namun belum dapat melakukan secara rapi sehingga sebagian makanan akan tercecer kemana-mana.
2.      Jika sebagian besar makanan bayi Anda berakhir di lantai, mungkin ada jumlah nutrisi yang didapat belum mencukupi 
3.      Bayi mungkin merasa sulit untuk mengunyah beberapa jenis makanan, seperti dimasak dengan daging, yang merupakan sumber zat besi yang baik. Perlu diperhatikan dari enam bulan, bayi mulai membutuhkan zat besi dari makanan, karena ASI saja tidak akan memberikan cukup nya. 
4.      Makanan bubur adalah yang tepat antara makanan cair dan padat. Sangat mudah menemukan bayi yang diberi makan bubur. Pada enam bulan, bayi dapat mengambil makanan dari sendok dengan menggunakan bibir atas mereka, daripada mengisap makanan. Pada delapan bulan , bayi bisa mengunyah dan menelan makanan yang berbentuk bulatan2. 

Sarannya untuk memberikan bayi Anda makanan yang ditumbuk atau makanan bubur pada awal penyapihan, serta jenis makanan yang telah direkomendasikan oleh Tenaga Medis, Departemen Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Ahli gizi juga cenderung berpikir penting untuk memberikan bayi Anda berbagai tekstur, makanan lunak dan jenis yang beragam yang tepat untuk usianya.

Tidakkah bayi tersedak jika dilakukan BLW ?
Sangat dimengerti bila Anda khawatir tentang kemungkinan bayi tersedak atau tercekik. Para pendukung BLW menyatakan bahwa selama bayi bisa duduk tegak, mereka akan baik-baik saja. Fakta bahwa bayi dapat menangani dan mengontrol jumlah mereka makan, dan memindahkannya ke bagian belakang mulut mereka ketika mereka sudah siap, berarti risiko tersedak minimal. Ingat bahwa bayi tidak boleh ditinggalkan sendirian ketika makan.

Apakah BLW cocok untuk ASI dan bayi diberi susu formula ?
Kebanyakan orang tua yang telah mencoba BLW telah menyusui anak-anak mereka dan melihatnya sebagai perpanjangan alami dari proses menyusui. Jika bayi Anda ASI, ia harus bekerja keras untuk hal itu, menggunakan rahang dan lidah untuk menempel dengan benar dan mendapatkan susu Anda. Otot-otot yang dia gunakan untuk menyusu dapat memberinya peluang untuk mulai belajar mengunyah.

Faktor lain yang dapat membuat bayi yang disusui lebih mudah untuk BLW adalah baby tahu kapan saatnya dia melakukan “permintaan” makan. Bayi yang mendapat ASI pada setiap permintaan dapat mengatur asupan kalori mereka dan ketika mereka membutuhkannya BLW hanyalah perpanjangan.

Apa saja yang menyebabkan tidak boleh dilakukan BLW ?
Tidak semua baby dapat dilakukan BLW. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.
Bicarakan dengan petugas kesehatan atau dokter sebelum mencoba BLW jika salah satu dari berikut ini berlaku untuk Anda: 
1.      Anda memiliki riwayat keluarga alergi , masalah pencernaan atau alergi makanan
2.      Bayi Anda memiliki kebutuhan khusus dan tidak bisa mengunyah dengan baik atau mengalami kesulitan mengambil makanan dan memindahkannya ke mulutnya
3.      bayi Anda lahir prematur



www.babycentre.co.uk


Post a Comment